Cara membuat router dengan windows 2008 server

Apa itu Router? Router adalah sebuah perangkat atau program aplikasi yang berfungsi menghubungkan antara dua atau lebih jaringan yang bebeda untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Router biasa di gunakan untuk menghubungkan antara jaringan di dalam LAN (local Area Netwrk), jaringan LAN dengan WAN (Wide Arena Network).
Jaringan WAN dengan WAN atau juga untuk menghubngkan LAN dengan sebuah layanan telekomunikasi untuk dapat mengakses jaringan public (Internet). Mungkin sebagian orang menganggap Router adalah sebuah jembatan (bridge), tetapi lebih dari itu sebuah router dapat menyaring lalu lintas data, membagi jaringan ke dalam beberapa sub-sub jaringan dan melakukan routing untuk mendapatkan jalur yang terpendek atau juga memberikan alternatif link lain jika link yang utama putus atau sedang sibuk.
Ada terdapat 2 macam router, yaitu Router device dan Router software. Router device adalah sebuah alat atau hardware yang berfungsi sebagai router seperti Cisco Router, Maipu, 3Com, Mikrotik dan lain lian. Router Software adalah sebuah program aplikasi yang di install pada sebuah sistem operasi yang berfungsi sebagai sebuah router misalnya RRAS (Routing and Remote Access), WinRoute, WinGate, SpyGate dan WinProxy.
Pada artikel kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan bagaimana membuat Windows server 2008 sebagai sebuah Router. Untuk dapat memfungsikan Windows Server 2008 sebagai sebuah router anda harus menginstall (menambahkan role) RRAS terlebih dahulu. RRAS (Routing and Remote Access) adalah sebuah layanan jaringan yang dapat berfungsi sebagai :

Dialup remote access server.
VPN (Virtual Privite Network) Server.
Router
NAT (Network Address Translation).
Dial up and VPN Demand-dial Router.RRAS terdapat pada Windows versi 2000, 2003 dan 2008. Sebagai contoh sederhana kita akan membuat sebuah Router untuk menghubungkan 2 network yang berbeda seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Berikut langkah-langkah untuk membuat router menggunakan Windows 2008 server:

Untuk melakukan latihan ini, sebelumnya Windows server 2008 harus sudah terinstall dan mempunyai 2 NIC (Network adapter).
Selanjutnya buka Server manager, klik icon Server Manager yang terdapat pada taskbar.
Kemudian pada menu sebelah kiri klik menu Roles lalu pilih Add Roles.
Fitur RRAS terdapat pada Roles Network Policy and Access Services, klik opsi Network Policy and Access Services kemudian klik Next.
Kemudian Muncul jendela Introduction Network Policy and Access Services klik tombol Next.
Karena kita hanya ingin memfungsikan sebagai Router saja maka pilih opsi Routing and Remote Access services, jika anda ingin juga memfungsikan sebuah Radius server anda bisa memilih opsi Network Policy Server. Centang pada opsi Routing and Remote Access services (seperti pada gambar di bawah) kemudian klik tombol Next.
Kemudian muncul jendela Confirmation kemudian klik tombol Install lalu tunggu sampai proses penginstallan selesai.
Selanjutnya untuk memanggil Routing and Remote Accesss, Klik Start – Administrative Tools dan pilih Routing and Remote Accesss.
Setelah jendela Routing and Remote Accesss terbuka langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi Routing and Remote Accesss sebagai sebuah Router, klik pada Routing and Remote Accesss – Server Status kemudian klik kanan pada nama server pilih Configure and Enable Routing and Remote Access.
Muncul jendela Welcome klik tombol Next.
Kemudian akan muncul sebuah jendela Configuration, di sini terdapat berbagai opsi konfigurasi seperti VPN, NAT, VPN dan NAT, Secure connection between two private networks. Karena kita hanya ingin memfungsikan sebagai sebuah router pilih opsi Custom configuration kemudian klik tombol Next.
Kemudian pilih opsi LAN routing lalu klik tombol Next.
Setelah muncul jendela summary klik tombil Finish.
Otomatis akan muncul jendala popup Start the Service klik aja tombol Start Services.
Sampai di sini proses instalasi RRAS sudah selesai.
Selanjutnya kita dapat meng-alamati Windows server (RRAS), dan komputer yang akan di jadikan percobaan seperti pada gambar pertama di atas.ISI-Client10Windows router (RRAS)Chels
Setelah itu coba lakukan perintah ping untuk melakukan test : Hasil Ping dari ISI-Client10 ke Chels Hasil Ping dari Chels ke ISI-Client10
Hasil ping telah berhasil baik dari ISI-Client10 ke Chels begitu juga sebaliknya.
Untuk melihat table routing nya kita dapat dapat mengetikan perintah di command prompt route print

Selanjutnya kita dapat menambah beberapa router lagi untuk membuat konfigurasi jaringan yang lebih kompleks, selamat mencoba.

Sumber:http://www.rinocomp2.info/2011/06/cara-membuat-router-dengan-windows-2008.html

0 comments:

 
Powered by Blogger