Memahami Kode Katoda Ray Tube Monitor Pada Monitor CRT

Semua sinar katoda tabung monitor (crt) memiliki stiker ditempel di lapisan crt nya. Kata-kata atau karakter yang dicetak pada stiker ini adalah nomor jenis tabung gambar. Sinar katoda Semua tabung, apakah monokrom (hitam dan putih) atau warna crt diidentifikasi dengan kode tertentu yang terdiri dari angka dan huruf. Tabung sinar katoda monitor kode ini berbeda satu sama lain karena tabung gambar yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda. Kode televisi kurang lebih sama dengan kode monitor.

Sebagai contoh, monitor tabung sinar katoda yang ditunjukan pada gambar diatas memiliki kode M36AFA63X03. Ada enam arti (bagian) M/36/AFA/63/X/03 dalam kode tersebut. Berikut penjelasakn dari masing-masing artinya :
  1. Bagian Pertama: Aplikasi yang berfungsi untuk membedakan tipe tabung crt tersebut
    Komputer Monitor crt dimulai dengan huruf “M” sedangkan untuk TV tabung crt, itu dimulai dengan “A”.
  2. Bagian Kedua: Screen mengukur diagonal dalam centimeter (cm)
    Angka “36″ berarti ukuran diagonal melihat daerah adalah minimal 36cm yang mengacu pada tabung gambar 15 inci, 41cm adalah 17 inci dan sebagainya.
  3. Bagian Ketiga: Sarana kode tipe
    Karakter 3 huruf “AFA” menunjuk tipe crt yang memiliki karakteristik fisik dan listrik serupa. Keterangan abjad tersebut diawali dengan “AAA”, diikuti dengan “AAB”, “AAC” dan seterusnya.
  4. Bagian Keempat: tipe nomor
    Nomor 63 berarti tabung tertentu dalam kode tipe/variannya. Sebuah nomor yang berbeda digunakan untuk menandai crt dalam satu tipe yang sama tetapi memiliki diameter leher yang berbeda, misalnya satu digit menunjukanmonitor crt monokrom, akan tetapi tapi dua nomor digit yang menunjukkan ke hal tersebut  adalah tabung gambar berwarna.
  5. Bagian Kelima: Jenis Phosphor
    Kode kelima adalah sebutan fosfor. Keterangan huruf X di sini sesuai dengan P22 untuk crt warna. tabung gambar monitor Warna dapat memiliki huruf lainnya (tidak termasuk I, O, atau W) yang berfungsi untuk menunjuk tipe fosfor lain untuk berbagai penggunaan. Untuk crt monokrom’s, simbol fosfor adalah WW, sesuai dengan P4. crt monitor monochrome juga bisa menggunakan “WW” atau beberapa kombinasi dua huruf lainnya (tidak termasuk I dan O).
  6. Bagian Keenam: Komponen leher Integral
    Kode keenam diberikan hanya untuk crt memiliki spesifikasi komponen leher integral, seperti yoke defleksi horisontal yang menghubungkan ke rangkaian defleksi horizontal. Spesifikasi hanya diterapkan pada produsen crt tertentu. Pertimbangan utama di sini adalah nilai induktansi berliku. Kumparan horisontal yoke memiliki kepekaan yang berbeda seperti lendutan per Amp baik horisontal dan vertikal.
Untuk bisa memahami tipe dan jenis katoda serta karakteristik dari masingmasing kode yang ditunjukan memang tidak mudah dan kadang malah membuat kita bingun,  tetapi jika kita mulai melakukan percobaan atau mengamati kode untuk setiap monitor crt atau tv yang datang untuk diperbaiki, tidak akan butuh waktu lama bagi kita untuk memahami arti ari kode.
Hati-hati saat menangani tabung gambar, ingat, keselamatan harus didahulukan. Sebelum Anda mulai melakukan penggantian crt, lakukan tindakan persiapan terhadap kecelakaan yang mungkin bisa terjadi.

0 comments:

There was an error in this gadget

 
Powered by Blogger