Cara Menggunakan Flash Disk Untuk Booting Menginstall OS


Hardware & Software yang dibutuhkan :
- USB Flashdik atau External Hardisk dengan File System (FAT32) yang sudah dikosongkan seluruh isinya.
jika external hardisk anda NTFS anda tetap bisa mengikuti artikel ini hanya saja ada beberapa Distro Linux yang tidak Support jika anda menggunakan File System NTFS
- Komputer, Notebook, Netbook dengan BIOS yg sudah mampu Booting Via USB
- Image Windows Installer XP, 7, dkk dengan format ISO
anda bisa menggunakan applikasi Daemon Tools Lite untuk membuat Image Windows Installer dalam format ISO yang bisa anda download disini
- Microsoft .NET Framework 4.0.30319.1 Final yang bisa anda download disini
- Applikasi XBoot 1.0.0.0 Beta 6 yang bisa di download disini
Mulai dari sini, Resiko rusaknya USB Flash Drive ataupun External Hard Disk  Anda  maka bukan tanggung jawab penulis, resiko tanggung sendiri OK, berikut ini langkah demi langkah untuk membuat  Multiple Booting Windows Installer (Windows XP, Windows 7, Windows Portable Edition) Via USB.
1. Instal Microsoft .NET Framework 4
2. Instal Applikasi XBoot 1.0.0.0 Beta 6   lalu buka applikasi tersebut (Jika anda pengguna Windows 7 gunakan Run As Administrator saat menjalankan applikasi tersebut)

undefined

3. Melalui menu File -> Open masukkan Image Windows Installer (ISO), pada contoh dibawah ini saya memilih ISO Windows 7  lalu pilih “Add using Grub4dos ISO Emulation” pada drop down menu, dan klik tombol “Add this file” seperti gambar dibawah ini.

undefined

4. Dengan cara yang sama seperti step 3, masukkan Image Windows Installer yang lainnya, dibawah ini saya memasukkan Windows 7, XP dan Mini PE setelah itu klik menu “Create USB” yang berada di pojok kanan bawah.

undefined

5. Pada tahap ini anda diminta untuk memilih USB Flash Disk ataupun External Hard Disk yang akan dijadikan Bootloader.  Jika USB Anda ber-File System Fat32 maka Syslinux adalah rekomendasi yang tepat untuk Boatloader, sedangkan NTFS adalah Grub4Dos.


6. Setelah mengklik tombol OK,  silahkan tunggu hingga proses peng-copyan seluruh ISO selesai.


7. Setelah selesai silahkan anda coba setting First Boot Bios anda menjadi USB, pada beberapa Type mainboard anda cukup menekan tombol F8 ataupun F12 untuk memilih First Boot.

undefined

Proses pemilihan USB Sebagai First Boot

undefined 
Boatloader XBOOT

Semoga artikel ini memudahkan anda dalam proses instal meng-instal

Sumber info:http://yasiranak252.blogspot.com/2011/04/cara-menggunakan-flash-disk-untuk.html

0 comments:

 
Powered by Blogger