Menggunakan Blog Mobile Version untuk Handphone

Pada dasarnya, blog memang berada pada versi web untuk browser di komputer. Namun, terkadang jika menggunakan versi web akan terasa berat untuk para pengunjung setia blog anda karena besarnya kapasitas yang akan di-load. Misal saja blogku ini “Horier”, ketika aku buka menggunakan HP me-load kapasitas sebesar 114KB. Untuk ukuran HP itu sudah termasuk besar karena memakan pulsa yang tidak sedikit juga.

“Bisa gag ya, buka di HP tanpa me-load sebesar itu?”
Tentu saja bisa, memang banyak aplikasi online third-party yang menyediakan layanan untuk membuat versi mobile(HP). Tapi kita tidak memerlukannya untuk tips kali ini, kita hanya cukup mengutak-atik sedikit di Blogger.



Keuntungan menggunakan Mobile Version adalah :
1. Jika di buka menggunakan HP tidak membutuhkan kapasitas besar.
2. Bisa menghemat pulsa HP karena sedikit load kapasitas bandwidth.
3. Blog kita tetap bisa di buka memakai browser komputer maupun browser HP, karena blogger sudah memberikan 2 tipe jadi tergantung kita mau menggunakan versi browser komputer saja atau ditambah mobile version.

Untuk triknya, lihat nih :
1. Login ke Blogger in draft. (karena cara yang aku temukan ini ada di blogger in draft, jika belum memakai blogger in draft sebagai default blogger. Untuk versi lama, pada dashboard kanan atas centang “use blogger draft as default”. Jika tidak ada, masuk ke alamat resminya Blogger in Draft)
2. Setelah Login, masuk ke tab Template.




3. Klik icon “Gear” yang ada pada Mobile version. Pilih “Yes. Show mobile template on mobile devices” dan pilih juga model tampilan di HP sesuka kalian. Jika sudah klik “Save”.
4. Blog Mobile Version siap digunakan, untuk test coba lihat blog kalian lewat HP atau browser dengan URL “http://namablog.blogspot.com/?m=1”.

Catatan :
Cara ini tidak otomatis, maksudnya bila kalian tidak menyertakan “?m=1” di belakang URL blog kalian maka versi yang akan kalian buka adalah versi web. Jadi bila mau menggunakan versi mobile, kalian harus membuat sebuah link yang diletakkan di blog untuk pengunjung lain atau menuliskan URL lengkap seperti diatas. Blogger berbeda dengan Wordpress yang jika dibukan lewat HP akan menggunakan versi mobile secara otomatis.

Semoga berhasil n selamat menikmati . . . Alhamdulillah ^^
Sumber: http://horier.blogspot.com/2011/07/menggunakan-blog-mobile-version-untuk.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+Horier+%28Horier%29

0 comments:

 
Powered by Blogger