UPGRADE HDD PS3

Disaat Hard Disk Drive 40GB PlaystationS3-ku hampir penuh, terpikir untuk menambah kapasitasnya . Kapasitas baru yang aku mau adalah 160GB. Setelah cukup bekal info dari googling, akupun mulai mempraktekkannya :

  • Persiapan :

  • Obeng kecil (plus). Ini barang : kecil, sepele dan "kelihatan" nggak penting. Tapi gara-gara barang ini, proyek ini sampai tertunda keesokan harinya. Kenapa? Karena, tutup harddisk sudah terbuka, harddisk dan cangkangnya sudah keluar. Tapi aku nggak bisa mengganti dengan harddisk baru saat itu juga. Karena nggak punya obeng kecil ini. Yang ada cuma obeng besar dan obeng kecil minus. Makanya mas...jangan nyepelein yang kecil dong !
  • Hard Drive notebook 2.5 inchi Fujitsu 160 GB SATA. (ukuran HDD Desktop yang 3.5 inchi juga bisa sih, tapi harus berada diluar casing Playstation 3. Dan yang juga penting adalah RPMnya sebaiknya 5400 RPM (mengikuti HDD standar PS 3 yang SATA & 5400 RPM) diatas itu misalnya yang RPM 7200 bisa juga tapi takut terjadi resiko kepanasan.
  • Nyali ... Kalo gagal gimana, soalnya semua panduan yang aku baca semua percobaan dari luar semua (nggak ketemu tutorial Indonesia) dan takut specs-nya beda dengan yang disono.

Langkah-langkah :

Hidupkan Playsation 3
Backup isi hard drive lama yang melalui menu XMB Playstation3. Karena kapasitas yang mau di backup cukup besar, aku menggunakan Ipod Videoku untuk target backup. Kamu bisa memakai flash disk atau HDD eksternal untuk target backup (yang penting FD/HDD eks-mu terformat melalui FAT 32.




Caranya, di menu XMB PS3 :
Settings - System Settings - Backup Utility - Backup
Lamanya Backup tergantung jumlah data yang berada di hard disk, semakin besar jumlahnya semakin lama backup-nya.
Matikan Playstation 3 lalu cabut semua kabel.
Buka penutup plastik lalu lepas baut biru dengan obeng kecil. Lepaskan HDD 40 GB lama dengan membuka 4 baut yang mengikat HDD itu.


Tukar dan pasang HDD 160 GB baru. Tutup kembali.

Pasang semua kabel lalu hidupkan Playstation 3.
Format HDD 160 GB baru. (sudah otomatis krn Playstation 3 mendeteksi kehadiran HDD baruku)

undefined

Pasang HDD eksternal atau flashdisk (data yang sudah dibackup) via USB.
Restore semua yang di backup dari menu XMB.

undefined

Sudah deh .. selesai
Tutorial dan video yang aku uji coba bersumber dari

0 comments:

There was an error in this gadget

 
Powered by Blogger