* Cara Mengganti HDD Internal PS3


undefined
     Playstation 3 kini semakin membahana, apalagi dengan adanya Jailbreak yang memungkinkan PS3 memainkan game bajakan. Diikuti dengan game game ekslusif yang semakin banyak membuat PS3 makin laku bak kacang goreng. Namun sayangnya game game yang dirilis sekarang membutuhkan space Hardisk yang cukup besar pula untuk menginstall data datanya, apalagi jika anda memainkan PS3 dengan Jailbreak atau CFW-nya, data yang harus dimasukkan ke internalpun akan semakin besar karena beberapa game PS3 bajakan harus dicopy dulu ke internal baru dapat dimainkan dengan lancar.

     Nah, berdasarkan hal diatas, mau ngga mau suatu saat anda akan berfikir untuk mengupgrade hardisk internal anda. Caranya sebenarnya sangat mudah, apalagi jika anda terbiasa merakit PC sendiri dirumah, mungkin semudah membalikkan telapak tangan kali ya?. Dengan artikel ini saya berusaha membantu step by step cara penggantian hardisk PS3. Semoga membantu untuk yang ingin menggantinya sendiri tanpa perlu ke toko.

     Beberapa alat yang perlu anda siapkan adalah obeng kembang kecil dengan berbagai ukuran, hardisk internal 2,5 inch 5400rpm SATA dengan kapasitas space terserah anda, hardisk external untuk backup dan flashdisk yang sudah terisi dengan firmware.


1. BackUp System

     Sebelum mengganti hardisk PS3 disarankan bagi anda untuk membackup system anda, prosesi backup ini cukup mudah, anda hanya tinggal mencolokkan hardisk external ada, kemudian masuk ke menu PS3 >> Pilih System Setting >>> BackUp System >>> Backup.

undefinedundefined


     Proses backup akan berjalan sesuai dengan besaran data anda, karena backup akan menyimpan data data dari Save Games, Game Data, bahkan Copy-an game di internal hardisk anda. Di PS3 saya proses backup ini memakan space sekitar 29GB.

2. Mengganti Hardisk

     Setelah proses backup selesai, matikan PS3 anda dan cabut semua kabel yang ada di PS3 anda. Setelah itu lihat ke bagian kiri, disitu ada bagian tempat hardisk berada. Geser dan congkel penutup hardisknya (ngga susah kok, pake tangan aja cukup) dan anda akan melihat proteksi hardisk yang diperkuat oleh 1 buah baut. Cukup buka baut tersebut dengan obeng kecil kemudian anda akan melihat pegangan menempel diproteksi hardisk, nah angkat pegangan tersebut dan geser proteksi hardisk itu kekanan dan tarik keluar.

undefined

undefined

undefined

undefined

     Nah, anda sudah liat hardisknya kan? Kecil cuma segede dompet, disebelah kanan kiri hardisk itu ada baut, cukup lepas bautnya dengan obeng dan gantilah hardisk itu dengan hardisk baru yang telah anda beli.

     Setelah itu kencangkan semua baut dan pasang hardisk kedalam PS3 seperti semula.

3. Restore System

     Setelah hardisk terpasang, nyalakan PS3 anda seperti biasa. Maka PS3 akan mengenali hardisk baru anda dan meminta anda untuk memformatnya. Cukup tekan Yes dan PS3 akan langsung memformat sendiri hardisk.

undefined

undefined

     Setelah itu system akan merestart dan pada beberapa PS3 system akan langsung masuk ke XMB, namun beberapa lagi akan meminta firmware untuk diinstall terlebih dahulu. Nah, sampai sini sebenarnya sudah selesai. Tapi bagaimana dengan data anda sebelumnya? Tenang, kan udah dibackup. Cukup colokkan hardisk external anda, kemudian pilih System Setting >>> Backup System >>> Restore.

undefined

undefined
     Sekarang tinggal duduk manis dan tunggu hingga proses Restore selesai.
     Selamat! Anda sudah berhasil mengganti hardisk PS3 anda! Mudah kan? Jadi, siapa takut??

Note:
1. Gambar diambil dari berbagai sumber 
2. Tutorial ini berlaku untuk PS3 FAT, untuk yang SLIM penempatan baut-nya agak berbeda.
3. Untuk PS3 yang diminta firmwarenya, instalasi firmware dapat dilakukan dengn mendownload firmware dari site resmi Sony. Taruh hasil donlodan tadi dalam folder PS3 >> UPDATE >> hasil donlodan. Copy-kan file ini ke flashdisk dan colokkan ke PS3 anda, maka nanti PS3 anda akan langsung membacanya

Selamat Mencoba,
Terus Berkreasi
2011

0 komentar:

SILAH KAN Share POSTINGAN INI

 
Powered by Blogger