Cara memperbesar virtual memori pada windows 7

undefinedWalaupun kadang jumlah RAM komputer sudah besar tetapi seiring dengan berkembangnya software baru menyebabkan tetap membutuhkan jumlah RAM yang sangat besar. Apalagi jika berkutat dalam dunia desain grafis dan video, pasti akan selalu membutuhkan kapasitas RAM yang besar. 2 GB bukan angka yang cukup besar untuk saat ini, bahkan kadang kala angka 4 GB juga masih sering kurang memadai jika menggunakan aplikasi besar secara tersamaan, terlebih jika kita menggunakan windows 7 yang notebennya windows 7 itu sendiri sudah memakan banyak kapasitas RAM untuk menjalankan dirinya. Untuk mengatasi kekurangan RAM, alternatifnya dalam menggunakan ruang kosong dalam harrdisk yang sering disebut dengan virtual memori.

Kalo dulu sobatpc.com pernah sharing mengenai cara mengatur virtual memori pada windows XP, kali ini sobatpc.com akan sharing bagaimana cara memperbesar atau mengatur virtual memori pada windows 7, karena memang caranya sedikit berbeda. Berikut ulasannya.
  1. Pertama, buka Windows Explorer.
  2. Setelah jendela explorer terbuka, klik tombol System Properties yang terletak di sebelah tombol Organize pada bagian kiri atas. (Dua langkah pertama ini bisa digantikan dengan menekan tombon Windows + Pause Break pada keyboard).
    undefined
  3. Selanjutnya, klik tombol Advanced system settings.
  4. Pada bagian tab Advanced, cari bagian performance dan klik tombol Settings.
  5. Klik tab Advanced sekali lagi dan pada bagian Virtual Memory klik tombol Change.
  6. Hilangkan tanda (Check Box) pada bagian Automatically manage paging file size for all drivers.
  7. Pada bagian Custom size masukkan kapasitas yang dipakai untuk Virtual Memory. Kapasitas memory yang normal digunakan adalah Initial size berkapasitas 2 kali memory internal dan 4 kali lipat dari internal memory pada bagian maxumim size. Sebagai contoh, jika RAM pada komputer/notebook anda berkapasitas 1GB maka maka sebaiknya anda setting 2GB pada Initial size dan 4 kali lipat pada bagian Maximum size.
    undefined
  8. Setelah anda mengisi besarnya memory virtual, klik tombol Set dan lanjutkan dengan klik tombol OK. System kadang meminta anda untuk merestart komputer dan coba restart komputer anda.
Perlu diketahui, jika memory internal anda memang terlalu kecil, jauh dari kapasitas normal jangan berharap banyak kalau trik ini bisa membantu anda mempercepat kinerja komputer. Trik ini bekerja apabila komputer anda masih berjalan normal dan membutuhkan sedikti tweaking. Jika menginginkan komputer/notebook anda bekerja lebih cepat lagi, membeli internal memory adalah pilihan terbaik.
Selamat mencoba dan perkaya wawasan anda tentang dunia IT dengan membaca artikel di sobatpc.com
sumber : http://blog.fastncheap.com/memperbesar-virtual-memory-pada-windows-7/

0 comments:

 
Powered by Blogger