Tips Main Game LAN

Setelah semua game sudah selesai kita save setting konfigurasi networknya di MC masing-masing, dimana untuk icon network konfigurasi ini jika dilihat dibrowser PS2 akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Nah.... tiba waktunya untuk mencoba suasana baru bermain game
sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

Ngopi" dulu Ach minum


Periksa kembali koneksi kabel LAN di setiap PS2 dan pastikan sudah rapat dan terpasang dengan baik.

Cara memainkan game multy player dengan mode LAN pada setiap game berbeda-beda, tergantung dari jenis game dan menu" yang tersedia pada game itu sendiri, dan pada contoh ini saya uraikan cara memainkan mode LAN ini pada game Conflig Global Storm, dan mungkin bisa mewakili atau teman" setidaknya punya gambaran cara memainkan game multy player mode LAN ini.

Pada contoh ini saya uraikan dengan menggunakan 2 unit PS2 yang saling terkoneksi, dimana
PS2 unit 1 profile gamenya bernama BAHAR (di contoh gambar diberi tanda B)
PS2 unit 2 profile gamenya bernama SATRIO (di contoh gambar diberi tanda S)

Okley... mudah"an teman" mengeti maksud dari uraian saya diatas.

Sekarang kita mulai main gamenya. dan mainkan semua game yang sama pada semua unit PS2 dan pilih kembali mode game LAN pada menu game, dan pada contoh ini seperti gambar dibawah ini.



Setelah itu system game akan meminta meload data konfigurasi networknya yang tersimpan dimemory card.

Dan pada contoh ini file konfigurasi networknya tersimpan dimemory card yang ada dislot 1, maka slot memory card yang dipilih pada semua unit PS2 adalah slot memory card 1 seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah itu system game akan meload data konfigurasi networknya, dan jika ditemukan akan menampilkan pesan Load success seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah itu akan ditampilkan nama setting yang ingin digunakan.

Dan pada contoh ini nama setting pada semua unit PS2 adalah Setting 1.



Setelah itu tekan (X).

Maka masing" unit PS2 akan melakukan persiapan jaringan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Kemudian setelah ini, masing" unit PS2 akan masuk kemenu persiapan gamenya, dan pada contoh ini masing" unit PS2 akan menampilkan menu seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sampai pada tahap ini, maka 1 unit PS2 saja yang akan membuat pengaturan permainan gamenya, sementara unit lainnya tinggal menunggu pengaturan permainan selesai dibuat oleh satu unit PS2 yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dan pada contoh ini, PS2 unit 1 dengan nama profile BAHAR yang akan membuat pengaturan permainan dengan tentunya memilih menu CREATE MATCH, sementara untuk unit PS2 lainnya tetap menunggu sampai pengaturan gamenya selesai dibuat oleh PS2 unit 1.

Setelah PS2 unit 1 memilih CREATE MATCH, maka akan ditampilkan menu persiapan gamenya, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Setelah persiapan gamenya sudah selesai diatur, maka pada contoh ini pilih CREATE untuk melanjutkan kepengaturan selanjutnya.

Dan setelah itu akan masuk kemode pengaturan user yang bergabung pada jaringan LAN ini (LOBBY), seperti pada gambar dibawah ini.


Karena pengaturan game sudah selesai dibuat, maka semua unit PS2 lainnya sekarang sudah bisa mulai bergabung.

Dan pada contoh ini, maka selanjutnya PS2 unit 2 dengan nama profil SATRIO memilih menu SEARCH FOR MATCH, dan setelah itu akan ditampilkan gambar seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pada contoh gambar diatas terlihat kalau sudah ada user yang mulai permainan dengan nama BAHAR, dimana pada sebelah kanan tercantum angka 1/4 yang artinya, bahwa game ini mendukung sampai 4 user yang bermain, dan user yang bermain baru 1 orang.

Tekan (X) untuk bergabung dan melihat pada profile yang dipilih, dalam hal ini adalah BAHAR, dan pada contoh ini akan ditampilkan gambar seperti pada contoh dibawah ini.


Selanjutnya tekan (X) lagi untuk masuk kepengaturan usernya (LOBBY).

Dan pada saat bersamaan, maka pada monitor PS2 unit 1 akan muncul user baru sepeti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara PS2 unit yang baru bergabung akan melihat juga gambar yang sama pada monitornya, dan pada contoh ini PS2 unit 2 dengan nama profil SATRIO akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah ini, kemudian setiap user memilih karakter playernya masing", dengan memilih ROLE dan menggunakan tombol dpad untuk memilih karakternya.

Dan umpamanya setelah semua pemain memilih karakternya masing", maka pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.



Setelah ini, masing" unit PS2 memilih READY untuk memulai bergabung, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.



Selanjutnya unit yang membuat pengaturan game dalam hal ini adalah PS2 unit 1 dengan nama profile game BAHAR memilih START untuk memulai permainan, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu beberapa saat hingga koneksi terhubung dan game dimulai,

Dan..........
(Chat mode on)
Play Now....Wake up...
Go...go...Go...
Fire......
Ach......
Help me... Aku ketembak
Tunggu....
wkwkwkw.....




Selamat Berjuang.....bising...Boom...gelakguling

Pokoke Seruu... Dha, Teringat waktu masih bujangan, mainin Counter Strike (PC LAN GAME) di game center (samping Ramayana Pettarani) sampai subuh gelakguling

Selesai.

Catatan
  1. Setting konfigurasi network yang tersimpan di memory card hanya bisa digunakan pada PS2 dimana setting konfigurasi network tersebut dibuat/disimpan. Jadi setiap PS2 memiliki data setting konfigurasi network yang beda-beda dan tidak dikenali jika dicoba digunakan/diload setting konfigurasi network tersebut di PS2 yang lain.
  2. Game berjalan dengan normal dan loading cepat jika dimainkan dengan menggunakan PS2 FAT+NA ory.
  3. Sementara jika game dimainkan dengan menggunakan HD External/Flashdisk dengan booting Open PS2Loader, maka saat loading koneksi agag terasa lambat/lama, tapi jika sudah masuk digame play, maka gamenya berjalan dengan normal, walaupun masih ada sedikit jeda saat melakukan Chating sesama pemain.
  4. Jika kesulitan masuk dimode pengaturan konfigurasi networknya dan ini kadang terjadi jika menggunakan HDLoader, maka bisa mengakalinya dengan terlebih dahulu membuat konfigurasi networknya dengan menggunakan bantuan open PS2Loader, artinya disini adalah, saat dibikin/simpan konfigurasinya di MC digunakan Open PS2loader, tapi begitu settingnya sudah tersimpan diMC, maka saat memainkan game LANnya bisa kita gunakan kembali HDLoader, karena disini konfigurasi networknya tinggal diload saja dari MC yang sebelumnya dibuat lewat Open PS2loader.
  5. Umpamanya kita punya PS2 Fat+NA dan PS2 Slim+HDXternal, maka untuk mengkoneksikan kemode LAN, caranya adalah pada PS2 Fat+NA bisa digunakan HDLoader atau Open PS2Loader, sementara pada PS2 Slimenya digunakan Open PS2Loader. dan setelah itu bisa kita koneksikan antara PS2 Fat+NA dan PS2 Slimenya. dan karena kecepatan loading antar PS2 Fat+NA dan PS2 Slime+HDXternal beda sekali, maka saat kedua PS melakukan koneksi, pada PS2 Fat akan muncul perintah untuk menunggu koneksi dari PS2 Slimenya atau melanjutkan game tanpa melakukan koneksi dengan PS2 Slimenya, jadi agar koneksi bisa tersambung antar PS2 Fat dan Slime, maka usahakan agar PS2 Fat selalu dalam posisi menunggu koneksi dari PS2 Slimenya, dan nanti setelah PS2 Fat dan Slim sudah terkoneksi, maka saat masuk kepermainan akan berjalan mengikuti kecepatan dari kecepatan game play PS2 Slime+HDxternal.

1 comments:

Biasa Aja kan by Rudi said...

terimakasih tas informasi a yang sangat membantu bagi saya.
tpi ada satu pertanyaan ni bos. pa setiap unit ps2 harus ada memorycard a?
terimakasih.....

There was an error in this gadget

 
Powered by Blogger