Pada  postingan ini, kita akan membahas lebih khusus  lagi penggunaan virtual  memory card di OPL versi 0.8, yang mana virtual memory  card (VMC)  fungsinya sama dengan Memory card fisik standar dari PS2 yaitu untuk   menyimpan "save" permainan, jadi dengan adanya file virtual MC ini maka  memory  card fisik tidak diperlukan lagi untuk menyimpan permainan  "save", karena save  dan load permainan semuanya akan dialihkan ke  virtual memory card yang sudah  tersimpan di media yang digunakan untuk  menyimpan permainan (harddisk, flashdisk,  atau flashcard).
 Dan  pada OPL versi 0.8 beta dan versi 0.8 final nantinya (saat  rilis)  sudah mendukung juga penggunaan virtual MC pada programnya, dan bahkan   pada OPL 0.8 pembuatan dan pengaturan virtual MC semuanya dilakukan di  setting  OPL, dengan kata lain penggunaan virtual MC di OPL lebih  praktis dan lebih mudah  digunakan oleh pengguna PS2.
Pesan  error VMC yang biasa muncul pada revisi-revisi OPL  sebelumnya sudah  diperbaiki oleh para pengembang OPL yang sampai saat tulisan  ini saya  posting masih terus melakukan penyempurnaan dan perbaikan di Open PS2   Loader yang akan merilis versi terbaru dari Open PS2 Laoder yaitu versi  0.8  final.
Untuk  menggunakan virtual MC atau VMC di OPL, maka pertama-tama  yang perlu  dilakukan adalah membuat folder khusus yang digunakan OPL untuk   menyimpan file virtual memory card, baik pada pengguna harddisk  internal, maupun  pada pengguna harddisk external.
Dan folder khusus ini bernama VMC,  dan folder VMC ini tersimpan pada:
- Untuk  pengguna harddisk internal (PS2 Fat+NA), folder    VMC disimpan pada  partisi +OPL. Dan cara membuatnya sudah dijelaskan pada    postingan  yang lalu.
 
- Untuk  pengguna harddisk external (USB Games), folder    VMC disimpan pada  drive atau path harddisk external (mass:/). Dan membuat    folder VMC  bisa menggunakan UlaunchELF atau melalui explorer windows.
 
Okey....
Setelah folder VMC sudah tersedia di harddisk yang kita  gunakan, maka selanjutnya booting OPL.
 Catatan :
- Bahasa  OPL yang digunakan pada contoh ini  adalah English, jadi jika  menggunakan bahasa yang lain, maka sesuaikan dengan  fungsi dan artinya  masing-masing
 
- Contoh gambar adalah HDD Games, dan caranya  sama untuk penggunaan pada USB Games.
 
- Semua  konfigurasi akan disimpan OPL sesuai dengan      media yang digunakan  (alternatif device), karena OPL sudah lebih pintar dari      sebelumnya  untuk menganalisa dan mengenali device yang digunakan/ditemukan baik  pada      HDD Games, maupun pada USB Games.
 
Setelah masuk dimenu aktif OPL (HDD Games atau  USB Games),  maka selanjutnya pilih judul game yang akan menggunakan virtual  MC,  umpamanya seperti pada contoh ini saya pilih judul game Rumble Racing,  dan  akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Kemudian masuk di Game settings dengan  menekan 
, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini. 
Untuk pengaturan VMC seperti yang terlihat  pada gambar diatas adalah
Penjelasan :
-    
VMC Slot 1 dan VMC Slot 2    merupakan path pengaturan penggunaan virtual MC pada game.   
 
-    
not set    merupakan keterangan dari nama virtual MC yang digunakan, dan pada saat ini    (default) adalah tidak terpakai (not set).   
 
-    
use generic     merupakan pilihan penggunaan VMC jika menginginkan game tersebut  menggunakan    file VMC yang umum atau VMC yang digunakan oleh beberapa  game, sementara jika    menginginkan game hanya menggunakan VMC  tersendiri, maka untuk nama VMC    digunakan sesuai dengan ID game, dan  OPL akan secara otomatis membaca ID game    yang sementara diatur  penggunaan VMC. 
 
Okey....
Pada contoh ini game Rumble Racing saya set menggunakan  VMC Slot 1 dengan VMC yang umum (use generic). dan setelah memilih use  generic dan menekan 
, akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Pada contoh gambar diatas terlihat kalau  untuk VMC yang digunakan adalah generic_0.
Karena  pada tahap ini untuk VMC generic_0  belum tersedia, karena baru pertama  membuat atau mengatur VMC game pada OPL,  maka untuk VMC generic_0 perlu kita ciptakan, maka setelah itu pilih nama  VMC yang digunakan game dalam hal ini adalah generic_0, kemudian tekan 
  dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini. 
Terlihat kalau pada gambar diatas VMC perlu  untuk diciptakan, maka pilih Create dan tekan 
. 
 "Tapi  jika sebelumnya nama VMC ingin  dirubah, maka pada nama virtual MC  (generic_0) tekan [X}, dan setelah itu akan  masuk di menu rubah nama  VMC, selanjutnya tekan START jika sudah selesai"
Maka proses pembuatan VMC akan berjalan, dan  setelah selesai dan berhasil akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Selanjutnya keluar dan jangan lupa untuk  menyimpan setting game dengan memilih Save Changes dan tekan 
. 
Dan setelah itu akan seperti pada contoh  gambar dibawah ini.
Okey...
Sementara  untuk setting VMC game yang lain  caranya sama dengan diatas, cuma jika  game tersebut menggunakan VMC yang umum  juga (generic_0), maka VMC  tidak perlu kita ciptakan lagi, cukup dengan mengatur  setting VMC Game  menggunakan generic_0, lalu menyimpan setting game  seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Setelah ini, tinggal pilih judul game dan  tekan 
.... Selanjutnya semua save dan load game akan dialihkan ke file  virtual MC dan Memory card PS2 (fisik) tidak dibutuhkan lagi, jadi untuk  Memory card fisik PS2nya... kasikan aja ama saya 

.... (Sorry...Just Kidding). 
Dan  jika file VMC kita lihat menggunakan  UlauncELF (pada hd internal) yang  sudah diciptakan oleh OPL, akan seperti pada  contoh gambar dibawah  ini.
Untuk  menghindari error pada VMC, maka  sebaiknya VMC yang sudah diciptakan  oleh OPL digunakan pada satu PS2 saja dimana  VMC tersebut diciptakan  oleh OPL, sementara untuk VMC pada PS2 yang lain dibuat  kembali dengan  menggunakan OPL pada PS2 tersebut.
Dan jika karena sesuatu hal sehingga pesan  dibawah ini muncul saat memilih judul game.
 Error with VMC file, continue with  physical MC ?
Yang artinya kalau VMC mengalami error dan  akan menggunakan MC fisik standar PS2 kembali, maka coba tekan dulu 
  (back), kemudian pilih kembali judul game dan tekan 
. Dan jika pesan tersebut  masih muncul, maka sebaiknya atur kembali pengaturan VMC dan ciptakan kembali  virtual MC. 
Dan  untuk proses pembuatan VMC pada HD  Internal tergolong sangat cepat,  begitupun juga saat menyimpan permainan (save  game) prosesnya lebih  cepat ketimbang menggunakan memory card fisik standar PS2.  Sementara  proses pembuatan dan penggunaan VMC (save and load game) pada pengguna   HD External lebih lambat disebabkan oleh transfer rate USB yang memang  tergolong  lambat.
And.... Khususnya buat pengguna OPL 0.8 di HD Internal  (personal), sudah saatnya mengucapkan "Bye-bye... Memory Card 

". 
Sementara  bagi pengguna HD External, walaupun  kemungkinan masih memerlukan  memory card PS2 (fisik) untuk booting OPL (saat  tulisan ini saya  posting), tapi setidaknya sudah terbantu oleh virtual MC yang  tersimpan  di HD External, yang bisa dibilang jumlah atau kapasitas keseluruhan   VMC jauh lebih besar dibandingkan menggunakan memory card fisik, karena  file  virtual MC bisa kita ciptakan sesuai dengan kebutuhan dan  kapasitas bebas yang  tersedia di hd external.
Terima  kasih kepada para pengembang dan  pemerhati OPL diseluruh belahan dunia  yang membuat OPL semakin user friendly  dari kemarin 
,  dan tentunya dibawah naungan project open source akan membuat OPL   semakin jauh lebih baik dan meninggalkan program-program loader game  sebelumnya,  dan tidak menutup kemungkinan diluar sana banyak variant  OPL (berbasis source  standar OPL) yang digunakan oleh orang-orang  sesuai dengan keinginan dan  kebutuhannya masing-masing. 
Selesai.
Sumber Satrio Game (SBY) 
 
0 comments:
Post a Comment